Ciptakan Trend Menulis


Part. 8. "Komitmen Menulis Di Blog"
Oleh: Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.
Jan 25, 2023
7 - 9 PM
 
Assalamu'alaikum wr. wb. Selamat malam pecinta blogger & pecinta literasi. Alhamdulillah,, sudah masuk kepertemuan ke-8,, yang dimoderatori oleh Bpk. Sigid PN, SH. Dan sebagai Narasumber malam ini yaitu Bpk. Drs. Dedi Dwitagama, M.Si. Beliau adalah seorang guru yang asik, gaul, keren, kreatif dan cerdas. Bisa kita liat di medsosnya beliau: 👇

Gbr. 1. Profil Narasumber

Ciri guru yg hebat yaitu: memiliki produktivitas. Kita tidak akan cari sukses, tapi sukses yang mencari kita. Bahagia itu tidak punya hutang, bisa healing sebulan sekali. Dengan produktivitas akan percaya diri walaupun dibelakang kita banyak hareder dan kita cuma seorang kucing yang berjalan sendiri.

Gbr. 2. Produktivitas 

Era sekarang pake Gawai/Gadget, menggunakan media sosial bisa eksis. Situasi dikelas anda jangan lagi menggunakan kertas tapi gunakan media sosial bentuk nya seperti buat kelompok diskusi untuk pake Ms. Power Point & ada salah satu murid untuk mendokumentasikan,, lalu share ke media sosial,, in syaa Allah akan terus terkenang.

Hati-hati menggunakan blog untuk menulis disana. Jika bpk/ibu nulis diperusahaan yang berbayar maka domain bpk/ibu akan hilang. Maka gunakan blog untuk menulis yang seperti di wordpress, di blogger.com.

Buatlah jejak rekam digital dengan:
1. Tentukan Tujuan anda dengan fokus hasil akan terlihat dalam kurun waktu 1 tahun.
2. Outline
3. Mulai menulis
4. Upload/finish
5. Publish
6. Introduce Yourself
7. Networking

Eat, pray, love yang artinya makan, doa & cinta. Dengan maksud yang harus kita lakukan makan dengan terartur, berdo'a & sholat yang khusyuk serta cinta dengan yang kita miliki. In syaa Allah sukses mengiringi.

Clossing Statement: Tidak ada keringat yg percuma kawan-kawan.

Sesi Tanya-Jawab:
1. Panjenengan memiliki filsafat tingkat tinggi. Pertanyaannya: bedanya apa jika pake Kompasiana dg wordpress ?. Jika kompasiana bangkrut,, maka tulisan di wordpress masih ada.

2. Kegiatan kita harus keluar dari zona nyaman. Bagaimana kita menghadapinya sebagai pemula ?. Buat komitmen diri, fokus & terus tingkatkan produktivitas untuk berkarya.

3. Afif - Cakung. Ikut pelatihan penulis blog mati suri. 
A. Tampilan/template diluar aplikasi blogger yang menarik bagaimana ?. Jwb: Harus bisa bahasa codding HTML & PHP.
B. Bagaimana menumbuhkan kecintaan siswa utk menulis blog ?. Buat penilaian tulisan anak² diblog, sehingga mereka akan terus menulis.

4. Mengakses blog kita dapat uang,, caranya bagaimana ?. Shearching googling. 

5. Trip & Trik bagaimana untuk tetap konsisten terhadap menulis di blog ?. Biarkan saja diri Qita & tetap zona nyaman utk Qita.

6. Banyak kisah yang Pak Dedi ceritakan untuk dijadikan inspirasi dalam menulis (Buku/Blog), contoh tentang indahnya Indonesia.

Tapi bukan itu yang ingin saya tanyakan.

Kebetulan saya saat ini sedang mengikuti tantangan dari Prof.Richardus Eko Indrajit, dan mendapat kesempatan untuk menulis dengan Judul Buku Blockchain Technology in Education
(subjudul) “Mandeknya Perpaduan Ilmu Pendidikan dan Teknologi Block chain Dalam Menciptakan Revolusi Baru Pembelajaran Di Dunia Pendidikan”

Pertanyaan saya - Luthfi Iskandar, ST adalah...
1). Bagaimana menurut bapak terhadap judul saya tersebut ?. Jwb: Itu masa depan dunia yang luar biasa lanjutkan.
2). Dikarena bapak lebih mengenal tentang dunia teknologi, mohon saran / referensi terkait terhadap judul saya tersebut?. Jwb: Mau buat motivasi anak paksain aja.

7. Kendala pengalaman bpk apa saat menjadi blogger pemula ?. 
Jawab: Tahun 2007 saya bertemu dg seorang guru, saat fingerprint marah²,, saat TKD tidak turun²,, mengharapkan TKD keluar. Dikarenakan dia sedang terlilit hutang. Saya buat tulisan dengan judul: Guru Bodong Nafsu TKD.
Yang senang: dapat ketemu org yg gaptek,, tapi dapat gratis pelatihan dll gratis.

Resume Pembelajaran Hari ini:

Blogspot.com - Hai,, hai,, para blogger. Saya adalah pemula blogger. Malam ini saya sedang mengikuti pembelajaran tentang "Komitmen Menulis Di Blog". Sungguh luar biasa topik hari ini,, dimana narasumber Bpk. Drs. Dedi Dwitagama, M.Si. telah mengupas tuntas materi tersebut dengan jelas, padat,, detail,, sehingga memberikan motivasi saya untuk bangkit menulis lagi. Yang bisa dipetik dari pembelajaran malam ini adalah:
1. Menulislah walaupun sebait dan buat tulisan itu bermanfaat untuk orang lain.
2. Teruslah jadi penulis hebat yang produktif.
3. Upload
4. Publish
5. Finish

Karena semua yang kita tulis merupakan jejak digital kita yang tak pernah lekang oleh waktu & akan menemukan keajaibannya pada waktunya. Dimana trend menulis itu akan terus berputar,, seperti roda.

Gbr. 1. Rekam Jejak Digital KBMN PB PGRI 28



#salamliterasi
#salamkbmnpgpgri28
#salamrekamjejakdigital








 





Komentar

  1. Balasan
    1. Hanya bisa buat seperti itu Pak. Terima kasih sudah mau mampir & singgah di Blog saya Pak. Salam Kenal Pak. 🙏

      Hapus
  2. Balasan
    1. TQ siswa Q: Bang Rasya Rizqulloh. Semoga bisa menular utk diri Mu Ya bang. Aamiin.. 🤲

      Hapus
  3. Wow, lengkap skali reviewnya ... Good job

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur suwun saget Pak Dedi Dwitagama,, Alhamdulillah,, sudah bersedia mampir & singgah di Blog saya yg masih tak seberapa ini. Terima kasih sudah berbagi ilmunya sangat bermanfaat sekali untuk saya. Semoga terus diberi arahan & bimbingannya ya pak untuk saya yang masih belajar & terus belajar. 🙏🤝

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANGGA MENJADI GURU

Jadi Sampel, Jangan Takut

Syukron Lillah