Semboyan Pendidikan


Dok. Pri. Ratna Apriyani Setyawati

  Blogspot.com - Berangkat dari semboyan pendidikan: Ing Ngarso Sung Tulodo artinya menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan. Ing Madyo Mbangun Karso artinya seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat. Tut Wuri Handayani artinya seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Merupakan acuan atau pedoman kita sebagai pendidik untuk dapat menerapkannya ke siswa/i kita. Seperti halnya hari ini, 1 Februari 2023, disekolah kami, untuk jadwal hari Rabu ada kegiatan Pramuka wajib. Yang mana akan bergantian setiap Minggunya. Untuk hari ini,, jadwalnya kelas X. 1-8, yang dilaksanakan setelah pembiasaan tadarus pagi bersama yang dipimpin oleh anak-anak rohis SMAN 45 Jakarta. Pembiasaan tadarus tersebut, dilakukan di kelas masing-masing dengan didampingi oleh Guru Mata Pelajaran yang mengajar jam pertama. Setelah selesai tadarus, pembina Pramuka mengkomandokan siswa/i yang akan pramuka, untuk turun ke Lapangan & siap-siap untuk berlatih Pramuka. Materi hari ini membuat ring untuk kacu, ring tersebut menggunakan kabel 1 meter & dirajut dengan menggunakan simpul turki.

Gbr. 1. 


Gbr. 2. Nurohim Kls. X.7 & Dika
 Kls. X.2
 
Gbr. 3. Alif siswa kls. X.5









Gbr. 4. Ayub Kls. X.5. menunjukkan hasil yang sudah jadi

  Itu lah aktivitas untuk siswa/i kelas X di hari Rabu. Dan untuk aktivitas kelas XI. IPA & IPS, yaitu Kegiatan Program OSIS yaitu Sarapan Sehat (dipandu oleh Pengurus OSIS). Kegiatan ini merupakan awalan/perdana dari rencana jangka pendek Program OSIS untuk mengakrabkan sesama teman kelas XI, maka terciptalah kegiatan ini yang mana telah disetujui oleh Wakil Kesiswaan & Pembina OSIS. Dengan adanya kegiatan itu saya selaku Guru, juga ikut serta dalam kegiatan tersebut,, hanya bedanya saya duduk dimeja piket dengan perbekalan saya yang sederhana. Sedangkan siswa kls. XI. dikelas masing-masing bersama pengurus OSIS sebagai pemandunya.

Gbr. 5. Menu Sarapan sehat


  Gbr. 6. Kls. XI. MIPA. 4


Gbr. 7. Kls. XI. IPS. 3

   Dari dua kegiatan di atas mencerminkan begitu berharganya pembelajaran hal kecil menjadi hal besar. Hanya dari seutas kabel sisa bisa kita ciptakan sebuah ring untuk penyanggah/pengikat/pengkait kacu Pramuka dan bahkan ring tersebut bisa mereka jadikan kerajinan tangan mereka untuk di ekplorasikan ke dunia usaha seperti mereka jual, kami memberikan keleluasaan dalam berkewirausahaan. Inilah pentingnya pembelajaran teori di dalam kelas di barengi dengan pembelajaran praktek di luar kelas. Sehingga siswa/i mempunyai bekal di kemudian hari. Tertuang dalam semboyan pendidikan kita di atas yaitu Ing Madyo Mbangin Karso artinya seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat. Tut Wuri Handayani artinya seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang.

Dok. Pri. Ratna Apriyani Setyawati

 Disela-sela memantau siswa yang mana sebagai guru piket, ada siswa kls. X yang bertanya tentang materi pelajaran saya hari Selasa, 31 Januari 2023,, yang mana dia masih belum paham akan pelajaran tersebut untuk menyelesaikan tugas tanggung jawab dia. Tanpa mengurangi rasa tidak bertanggung jawab atas amanah sebagai guru piket. Saya pun mengajak siswa tersebut untuk ngobrol tentang pembahasan pembuatan Ms. Power Point yang tidak bisa diuplaod ke google classroom, yang mana tugas tersebut akan disampaikan besok hari. Alhamdulillah,, diarahkan, dibimbing & diajarkan, siswa tersebut yang bernama Alif,, akhirnya bisa. Dan dia siap untuk presentasi besok. Sehingga semboyan pendidikan NKRI: Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani, telah terlaksana. 

#salamliterasi
#salamsemboyanpendidikanpart.1
#salamfebruariceriatgl010223
#tantanganmenulissebulanpenuh













Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANGGA MENJADI GURU

Jadi Sampel, Jangan Takut

Syukron Lillah