JamKos






   Blogspot.com - Banyak siswa menyebut jamkos, hampir ku buka KBBI. Untuk mencari tahu arti jamkos tersebut. Tetapi ada siswa yang menyampaikan kesana untuk jangan membuka kamus itu karena itu tidak terdaftar di pencarian kita. Walaupun demikian rasa penasaran saya semakin memuncak dan segera ingin tahu,, akhirnya saya sampar siswa tersebut dan segera menanyakannya secara detail. Dan ternyata mereka memberikan istilah tersebut yaitu jam kosong, jam yang gurunya tidak masuk kelas karena: sakit, dinas luar.
  Dengan istilah yang tadinya tidak familiar menjadi familiar. Sehingga, saat saya piket samua kelas saya kontrol satunya & menanyakan adakah jamkos xan hari ini. Jawab mereka: ada. Siapa: guru ....
  Untuk menjaga kinerja kita, diusahakan yang jam kos saya tanyakan secara detail sudahkah ada tugasnya, sudahkan xan kerjakan, dan siswa yang ditunjuk sebagai penanggung jawab benar-benar bertanggung jawab untuk itu.
   Alhamdulillah,, semua bisa dikendalikan & kondusif, seperti contohnya saat saya mengikuti pelatihan bahasa pemrograman phyton, kelas yang saya ajarkan termasuk kelas yang jamkos, tetapi semua siswa bertanggung jawab atas tugas yang sudah saya berikan. Tetap semangat siswa/i Ku, jika xan sudah terbiasa bertanggung jawab & disiplin kalian akan terbiasa memanajemen waktu saat kalian di dunia kuliah, kerja & masyarakat. Terus berkarya, terus berjuang, ikuti proses pembelajarannya. Jangan jadikan jamkos sebagai penghalang, tapi jadikan jamkos sebagai kecerdasan yang hakiki diri xan untuk mandiri atau merdeka belajar. Merdeka yang tidak memaksa, terpaksa dan dipaksa.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANGGA MENJADI GURU

Jadi Sampel, Jangan Takut

Syukron Lillah