Tanggal Cantik


DokPri. Ratna Apriyani Setyawati 

   Blogspot.com - Setahun telah kita lewati, kini kita dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan, yang kebetulan bertepatan dengan bulan Maret 2023. Bulan yang penuh Rahmah, berkah serta ampunan. Bulan berlomba-lomba mencari kebajikan dan pahala yang berlipat ganda. Bulan ini tercantum dalam Qs. Al Baqarah ayat 183: "Allah SWT berfirman yang ditujukan kepada orang-orang beriman dari umat ini, seraya menyuruh mereka agar berpuasa. Yaitu menahan dari makan, minum dan bagi suami istri tidak boleh berhubungan badan disiang hari dengan niat ikhlas karena Allah SWT." Dan Qs. Al Baqarah ayat 184: "Maka barang siapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin." Serta Qs. Al Baqarah ayat 185: Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur."
   Dengan melihat isi kandungan Qs. Al Baqarah di atas, menandakan kita untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Alhamdulillah,, perintah itu sudah kita lalui 1 hari berpuasa. Yang mana puasa itu kita jalankan mulai dari sebelum terbitnya matahari atau yang biasa kita sebut imsak hingga terbenamnya matahari yang biasa kita sebut buka puasa. Dan untuk perintah selanjutnya yaitu sholat tarawih, dimana sholat itu sudah masuk dijalankan 2 malam.
   Perintah yang Allah berikan untuk tahun ini, sangatlah cantik tanggalnya, karena semuanya berakhiran angka 3, yaitu 230323. Dan berakhiran angka 4, yaitu 1444 H. Ada apa dengan itu?. Tidak ada apa-apa, hanya kebetulan saja yang kalau memantau dari pelajaran IPA itu merupakan Revolusi Bumi yang artinya Bumi Mengelilingi matahari sesuai penanggalan Masehi 230223. Sedangkan dalam penanggalan Hijriyah nya ramadhan tahun ini 1444 H. 


#salamliterasi
#salamblogger
#part1_tglcantik
#lombablogbulanramadhan
































Komentar

  1. masyaallah☺️ semoga menjadi berkah ya bu, aamiin🤲☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Ya Rabbal'alamin.. 🤲

      Semoga keberkahan menyertai kita ya bang. 🙏🤗

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BANGGA MENJADI GURU

Jadi Sampel, Jangan Takut

Syukron Lillah